Pelatihan Kemandirian Narapidana Berbasis Industri di Lapas Kelas I Tangerang

Pojokpas

2018-10-16 16:20:28


Lapas Kelas I Tangerang akan terus berupaya menciptakan produksi yang bersifat padat karyamelalui kegiatan kerja narapidana, demikian menurut Kalapas

Pelatihan kemandirian merupakan suatu wadah dalam mengembangkan minat dan bakat warga binaan pemasyarakatan (WBP) sebagai bekal mereka untuk kembali dan diterima oleh masyarakat. Pada hari ini, Selasa (16/10/2018) Lapas Kelas I Tangerang telah melaksanakan kegiatan pembinaan kemandirian berupa pelatihan menjahit yang bekerja sama dengan Lembaga Pendidikan Keterampilan (LPK) AKILAH Cikupa Tangerang.

Pada hakikatnya WBP sebagai insan dan sumber daya manusia (SDM) harus diperlakukan dengan baik dan manusiawi. Kerjasama antar petugas dan WBP serta peran serta masyarakat sangat diperlukan demi terwujudnya suatu sistem pembinaan yang terpadu. Kemudian dalam pelaksanaannya pembinaan diperlukan subjek dan objek pendukung yang baik. Dalam perkembangannya program kemandirian ini dijadikan proyek perubahan yang menjadi program unggulan untuk mencapai tujuan LAPAS INDUSTRI.

Pelaksanaan kegiatan pembinaan kemandirian narapidana berupa pelatihan menjahit di Lapas Tangerang, dibuka langsung oleh Kalapas Abdul Hany. Tidak lain dalam rangka menciptakan manusia yang kreatif dan inovatif serta dapat menghasilkan PNBP bagi negara. Dengan tujuan menampung dan menyeleksi minat dan bakat, memberikan pengetahuan usaha mandiri dan meningkatkan produksi hasil kerja yang baik. Lapas Kelas I Tangerang akan terus berupaya menciptakan produksi yang bersifat padat karyamelalui kegiatan kerja narapidana, demikian menurut Kalapas. (rud_pp)